by

Tammy Abraham Gagal di Chelsea Jadi Raja Gol di AS Roma

Terbuang dari Chelsea, Tammy Abraham kembali menemukan sinarnya saat bertualang di Liga Italia bersama AS Roma asuhan Jose Mourinho.

AS Roma mengawali musim ini di bawah pimpinan pelatih baru Jose Mourinho. Pria Portugal itu hadir sebagai pengganti Paulo Fonseca yang didepak akhir musim lalu.

Bersama Mourinho, Giallorossi menjadi tim yang aktif di bursa transfer musim panas. Lima pemain baru didatangkan, mulai dari penjaga gawang hingga penyerang.

Dari 5 pemain anyar itu, sorotan tertuju kepada Tammy Abraham. Penyerang muda Inggris itu diboyong dari Chelsea dengan banderol 40 juta euro, setelah tak masuk dalam rencana Thomas Tuchel.

Dengan usia yang baru 24 tahun dan catatan 30 gol dari 82 laga untuk Chelsea, Mourinho berharap Abraham bisa menjadi andalan masa depan AS Roma.

Meski demikian, sejumlah pihak menilai harga tersebut terlalu tinggi. Apalagi, Abraham belum pernah berkarier di luar Inggris sehingga diragukan bisa beradaptasi dengan baik di Liga Italia.

Sang penyerang pun menjalani debutnya bersama AS Roma dengan menghadapi Fiorentina di pekan pertama Liga Italia musim ini, pada 22 Agustus 2021.

Meski gagal mencetak gol, Abraham tampil memukau dengan mencetak 2 assist untuk membawa Giallorossi menang 3-1.

Sepekan kemudian, ia mencetak gol pertamanya untuk AS Roma, tepatnya pada pekan kedua Liga Italia, saat tim barunya itu membantai Salernitana 4-0.

Pemain Inggris Tertajam dalam Satu Musim di Liga Italia

Sejauh ini, Tammy Abraham terbukti beradaptasi dengan baik dalam kariernya di Italia bersama AS Roma.

Ia menjadi pilihan utama Jose Mourinho di lini depan, dan telah mencatatkan 30 penampilan di semua kompetisi alias hanya absen di 2 laga.

Kinerjanya terbilang bagus. Terbaru ia mencetak 2 gol untuk membantu Giallorossi mengalahkan Empoli 4-2 di Liga Italia, Senin (24/01/22) dini hari tadi, sehingga total sudah mencetak 17 gol untuk Roma dari 30 laga di seluruh kompetisi.

Di sisi lain, torehan 2 gol ke gawang Empoli dini hari tadi membawa Abraham mencatatkan rekor baru. Ia kini telah mengoleksi 10 gol di Serie A Liga Italia musim ini.

Angka itu adalah gol terbanyak yang ditorehkan pemain Inggris dalam 1 musim Liga Italia sejak periode 3 poin kemenangan atau mulai musim 1994/1995.

Abraham mengungguli catatan sejumlah pemain Inggris lainnya yang pernah berkarier di Serie A, seperti Paul Ince, Paul Gascoigne, hingga David Beckham.

Ia memang masih kalah dari David Platt yang mencetak 11 gol pada musim 1991/1992 bersama Bari. Namun, ketika itu Liga Italia masih menggunakan sistem 2 poin untuk kemenangan.

Sebelumnya, Abraham juga sudah meraih catatan sebagai pemain tercepat ketiga yang mencetak 15 gol untuk AS Roma yakni dalam 29 pertandingan, hanya kalah dari Gabriel Batistuta dan Vincenzo Montella.

Performanya itu pun memantik pujian dari Jose Mourinho. “Ia tidak terlalu buruk untuk musim pertamanya dengan perubahan kultur sepakbola,” ujar Mourinho seperti dilansir Football Italia.

“Angka-angkanya menunjukkan itu dan itu angka-angka tanpa penalti. Catatan itu dipenuhi dengan peluang mengenai tiang gawang, yang bisa saja diubah menjadi lebih banyak gol.”

“Saya mengharapkan lebih banyak dari dia. Jika dia memainkan setiap pertandingan dan bekerja keras seperti saat ini, pada usia yang baru 24-25 tahun, saya mengharapkan lebih banyak lagi,” pungkas Mou.

Penampilan apik Abraham di Italia juga telah membuahkan panggilan ke timnas Inggris pada Oktober 2021 lalu setelah absen dari tim Tiga Singa sejak November 2020.

Ketajamannya bersama Roma pun menular ke Timnas, di mana ia mencetak 2 gol dalam 4 pertandingan terakhir di ajang kualifikasi Piala Dunia.

Jika bisa mempertahankan performa apiknya, Tammy Abraham berpeluang menjadi andalan jangka panjang AS Roma. Ia bahkan hanya butuh 2 gol lagi untuk menjadi pemain Inggris dengan gol terbanyak dalam semusim di Liga Italia, mengungguli David Platt.

Meski demikian, Giallorossi wajib waspada karena situasi itu bisa menjadi bumerang mengingat Chelsea punya opsi untuk memulangkannya dengan klausul pembelian kembali sebesar 80 juta euro.

Namun, untuk saat ini, kita nikmati saja performa apik dan ketajaman Tammy Abraham bersama AS Roma di tanah Italia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *