by

Paul Pogba Pamit dari Manchester United

Gelandang asal Prancis, Paul Pogba resmi berpisah dari Manchester United pada akhir Juni 2022. Pihak klub mengonfirmasi kabar tersebut pada Rabu (1/6/2022).

“Manchester United mengumumkan bahwa Paul Pogba akan meninggalkan tim pada akhir Juni lantaran kontraknya yang telah usai,” tulis Manchester United seperti dikutip dari laman resminya, Rabu malam.

Pogba mengawali kisah bersama The Red Devils pada usia 16 tahun. Gelandang yang identik dengan nomor 6 tersebut bergabung ke Manchester United dari akademi Le Havre.

Pogba pun kemudian menunjukkan bakatnya dan menjadi andalan tim U-18 Manchester United. Tak butuh waktu lama, Pogba kemudian langsung bisa masuk ke tim cadangan atau Reserves.

Pogba mulai mencuri perhatian publik ketika menjadi bagian dari tim muda Manchester United yang berhasil menyabet gelar Youth Cup pada 2011 dengan mengalahkan Sheffield United dalam dua leg.

Alhasil, pelatih Manchester United kala itu, Sir Alex Ferguson memberikan Pogba debut bersama tim senior pada ajang Piala Liga 2011 melawan Leeds United. Pada pertandingan itu, Manchester United berhasil mengalahkan Leeds United dengan skor 3-0.

Namun, pada musim panas 2012, Pogba muda tidak mendapatkan tempat di tim utama Manchester United mengingat kala itu lini tengah Red Devils masih diisi beberapa pemain senior seperti Paul Scholes, Michael Carrick, Darren Fletcher, Ji Sung Park, Anderson, Darron Gibson, dan lainnya.

Oleh sebab itu, Pogba pun hijrah ke Italia untuk bergabung ke Juventus. Kepergian Pogba akhir Juni nanti membuat dirinya meninggalkan Manchester United untuk kedua kalinya.

Uniknya, Manchester United tidak mendapatkan uang sepeser pun dari kepergian Pogba tersebut lantaran status bebas transfer.

Di Juventus, Pogba menjadi pemain tak tergantikan dan membantu Si Nyonya Tua merengkuh empat gelar Serie A secara beruntun dan beberapa gelar Coppa Italia.

Setelah empat tahun bergelimang gelar di Italia, Pogba membuat sensasi dengan memutuskan kembali ke Manchester United. The Red Devils pun harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membuat La Pioche pulang ke Old Trafford.

Pada 2016, Manchester United resmi memecahkan rekor transfer dunia dengan membawa pulang Pogba. Debut ‘kedua’ Pogba di Manchester United terjadi ketika melawan Southampton di Old Trafford pada ajang Liga Primer Inggris musim 2016/2017.

Pogba di bawah asuhan pelatih Jose Mourinho menjadi andalan di lini tengah Manchester United. Tak heran jika kemudian dia memainkan peran penting bagi Manchester United di musim 2016/2017.

Pada musim tersebut, Pogba sukses memberikan dua gelar bagi Manchester United, yakni EFL Cup dan Europa League. Di final EFL Cup melawan Southampton, Pogba dan Zlatan Ibrahimovic jadi pemain kunci Mourinho.

Keduanya membantu Manchester United menang dramatis dengan skor 3-2 dan berhasil meraih trofi EFL CUP.

Kemudian, pada final Europa League di Stockholm melawan Ajax Amsterdam, Pogba mencetak satu gol untuk kemenangan 2-0 Manchester United. Atas kemenangan tersebut, Manchester United berhasil membawa pulang piala Europa League ke Inggris.

Dua gelar tersebut jadi yang terakhir diperoleh Pogba di Manchester United mengingat sejak musim 2017 hingga 2022 The Red Devis terpaksa puasa gelar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *