by

UEA Waspada Jika Navarone Foor Bergabung Timnas Indonesia

DUBAI – Timnas Indonesia saat ini sedang ramai diperbincangkan akan merekrut para pemain keturunan. Salah satu nama yang masuk ke dalam radar PSSI dan Timnas Indonesia adalah Navarone Foor yang sekarang membela klub Siprus, Pafos FC.

Kendati demikian, siapa sangka kabar soal akan dinaturalisasinya Foor telah menyebar hingga ke Uni Emirat Arab (UEA). Dubaisports, yang merupakan media kenamaan di UEA, bahkan menuliskan bahwa Foor akan menjadi ancaman jika bergabung dengan Timnas Indonesia.

Nama Foor sudah tidak asing di UEA karena pemain berdarah Belanda dan Indonesia itu memang pernah merumput di sana. Pada Februari 2020 Foor bergabung dengan klub UEA, Al-Ittihad Kalba, dan cukup mendapat sorotan.

Kabar akan dinaturalisasinya Foor menjadi ramai di UEA karena negara Timur Tengah itu akan menghadapi Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Maka dari itu, mereka mewaspadai jika Foor bergabung dengan Timnas Indonesia, dikhawatirkan hal tersebut bakal menyulitkan UEA.

Indonesia sendiri sudah dipastikan tidak akan lolos ke fase berikutnya dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Sebab, dari lima kali bertanding, Tim Garuda mendera lima kekalahan sehingga menempati posisi juru kunci.

Akan tetapi, bagi UEA yang saat ini menduduki urutan keempat dengan raihan enam poin dari empat kali bertanding, kemenangan atas Indonesia bakal memberi mereka kesempatan untuk lolos ke fase berikutnya. Maka dari itu, mereka menargetkan raih penuh atas Tim Garuda.

Untuk saat ini, kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia masih ditunda karena pandemi Corona (Covid-19). Tidak diketahui kapan babak kualifikasi tersebut akan dilanjutkan, mengingat AFC masih belum membuat keputusan.

Kondisi ini membuat UEA semakin khawatir. Karena dalam masa jeda ini Indonesia bisa saja merampungkan proses naturalisasi Navarome Foor sehingga memperkuat skuad mereka.

“Navarone Foor, pemain yang baru meninggalkan Kalba Union, masuk dalam radar Timnas Indonesia. Asosiasi sepakbola Indonesia sedang berusaha menaturalisasi pemain berusia 28 tahun itu bersama beberapa nama populer lain. Salah satunya Kevin Diks, bek kanan milik Fiorentina,” tulis Dubaisports, Rabu (11/11/2020).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memang membuka pintu lebar bagi para pemain keturunan untuk memperkuat skuadnya. Meski Indonesia sudah dipastikan tidak akan lanjut ka tahap berikutnya dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, namun Shin Tae-yong tak akan membiarkan Tim Merah Putih mengakhiri babak ini dengan nol poin.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *