by

Timnas Indonesia Tahan Imbang Thailand Warnai Debut Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong harus menunggu lebih dari satu tahun untuk mencatatkan debut di kompetisi resmi FIFA bersama Skuad Garuda. Stadion Al Maktoum di Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis pukul 23.45 WIB akan menjadi saksi momen bersejarah tersebut. Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Indonesia Vs Thailand berlangsung di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (3/6/2021) pukul 23.45 WIB. Ini merupakan laga keenam Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk Indonesia.

Indonesia berhasil mengimbangi Thailand 2-2. Skuad Garuda akhirnya bisa pecah telur setelah lima laga sebelumnya menelan kekalahan.

Shin Tae-yong menyadari bahwa hasil laga kontra Thailand tidak akan berpengaruh untuk Indonesia yang dipastikan tidak lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, pertandingan tetaplah pertandingan. Jika mental dan fisik lemah, para pemainnya tetap saja akan tergilas. Shin Tae-yong tentu sangat menyadari hal itu.

Shin Tae-yong tidak mau hal serupa terjadi kepada timnas Indonesia. Garuda sudah terluka di Kualifikasi Piala Dunia 2022, selalu kalah pada lima pertandingan sebelumnya di Grup G. Belum lagi catatan melawan Thailand tak selalu berjalan mulus. Dalam 10 tahun terakhir, Indonesia hanya satu kali menundukkan Thailand yaitu pada leg pertama final Piala AFF 2016 dengan skor 2-1.

Shin Tae-yong sadar rekor timnas Indonesia yang buruk pada 2019 ke belakang dapat berdampak jelek bagi psikologis pemain. Untuk membasuh luka, Shin memanggil banyak wajah-wajah baru ke timnas yang disiapkan untuk menghadapi tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Dubai. Sekitar 90 persen pemain yang ada di skuad saat ini sebelumnya tidak pernah memperkuat timnas senior.

Tujuan pelatih timnas Korsel di Piala Dunia 2018 itu jelas. Selain mau menyiapkan pemain muda ke turnamen selanjutnya seperti SEA Games 2021, dia juga berhasrat untuk membentuk generasi timnas baru. Sekarang, Skuad Garuda sudah bermaterikan pemain berumur dengan rata-rata 21,8 tahun.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *