by

Skor Euro 2020: Portugal vs Jerman Diwarnai 2 Gol Bunuh Diri

Timnas Jerman tampil luar biasa saat menjamu Timnas Portugal di matchday kedua penyisihan Grup F EURO 2020. Sempat tertinggal, Jerman mampu menang melawan sang juara bertahan 4-2 dalam duel di Allianz Arena, Munich, Sabtu 19 Juni 2021.

Portugal unggul lebih dulu lewat gol Cristiano Ronaldo di menit 15. Jerman mengamuk dengan mencetak empat gol lewat dua gol bunuh diri Ruben Dias (35′), Raphael Guerreiro (39′), disusul gol Kai Havertz (51′) dan Robin Gosens (60′). Portugal kembali membalas lewat Diego Jota (67′).

Berikut 7 fakta menarik usai Jerman tekuk Portugal dilansir Opta:

1. Portugal menjadi juara bertahan Piala Eropa pertama yang kebobolan empat gol dalam satu pertandingan di kompetisi ini.

2. Dalam 67 pertandingan di turnamen mayor (Piala Dunia atau Piala Eropa), Portugal baru dua kebobolan empat gol. Sebelumnya juga melawan Jerman di Piala Dunia 2014.

3. Ronaldo telah mencetak 19 gol di Piala Dunia dan Piala Eropa. Tak ada pemain Eropa lain yang mencatat rekor serupa (sejajar dengan Miroslav Klose).

4. Jerman menjadi tim pertama dalam sejarah Piala Eropa yang mencetak dan diuntungkan gol bunuh diri dalam turnamen yang sama.

5. Portugal menjadi tim Eropa pertama yang kebobolan dua gol bunuh diri dalam satu turnamen mayor (Piala Dunia dan Piala Eropa).

6. Jerman menjadi tim kelima dalam sejarah Piala Eropa yang kebobolan lebih dulu dan berbalik unggul di jeda babak pertama. Ini yang pertama sejak Islandia melawan Inggris di babak 16 besar Piala Eropa 2016.

7. Dengan usia 22 tahun dan 9 hari, Kai Havertz menjadi pencetak gol termuda Jerman di Piala Eropa. Dia juga menjadi pencetak gol termuda Jerman di Piala Dunia/Piala Eropa sejak Thomas Mueller membobol gawang Uruguay di Piala Dunia 2010 (20 tahun dan 300 hari).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *