by

Persija, Persib, Persebaya dan Bhayangkara Calon Juara Piala Menpora 2021?

Berikut adalah 4 tim yang bisa menjadi calon kuat juara Piala Menpora 2021, apakah Persija Jakarta dan Persib Bandung termasuk?

Akhirnya hari yang dinanti tiba juga, hari di mana sepak bola Indonesia benar-benar bisa bergulir lagi di level klub. Setahun sudah sepak bola Indonesia melalui Liga 1 mengalami hiatus, tapi kini akan digelar lagi dengan tajuk Piala Menpora sebagai ajang pramusim.

Sebanyak 17 klub Liga 1 akan mengikuti turnamen ini, minus Persipura Jayapura yang sudah menyatakan absen di Piala Menpora. Sangat disayangkan Persipura tidak bisa ikut, mengingat mereka salah satu tim dengan tradisi kuat di Liga Indonesia.

Meski begitu, persaingan di Piala Menpora diyakini tidak akan berkurang sedikitpun gengsinya. Sebagai informasi, 17 klub Liga 1 itu akan dibagi ke dalam 4 grup di mana masing-masing akan bermain di satu kota.

4 kota yang dipilih sebagai venue tempat Piala Menpora dilangsungkan adalah Solo, Bandung, Malang dan juga Sleman. Menariknya dari Piala Menpora kali ini adalah keempat kota itu tak akan menjadi tempat bertandingnya klub kebanggakan kota tersebut.

Jadi Bhayangkara Solo FC tak main di Solo, Persib Bandung bukan di Bandung, Arema FC tidak di Malang dan PSS Sleman bermain di luar Sleman. Keputusan unik ini tentu diambil guna menghindari terjadinya kerumunan.

Tentu rasanya menarik untuk melihat siapa saja calon kuat juara Piala Menpora 2021. Berdasarkan analisa dari pengamat sepak bola Indonesia, Binder Singh, ia menilai kalau ada 4 klub calon kuat juara Piala Menpora.

Yaitu, Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya dan Bhayangkara Solo FC. Namun yang menjadi pertanyaannya, mengapa hanya 4 klub ini saja yang dianggap oleh Binder Singh, menjadi calon kuat juara Piala Menpora? Berikut ulasan lengkapnya.

Persija Jakarta

Menurut Binder Singh, Persija Jakarta merupakan salah satu favorit juara Piala Menpora karena materi pemainnya tidak berubah. Apalagi Persija kini dilatih oleh Sudirman yang sudah sangat mengenal luar dalam dari kekuatan tim berjuluk Macan Kemayoran itu.

“Evan Dimas memang sudah pindah ke Bhayangkara FC, tapi kita tahu di tengah mereka masih punya Sandi Sute, Braif Fatari, Ramdani Lestaluhu, Marc Klok. Di pertahanan ada Yann Motta asal Brasil yang akan duet dengan Otavio Dutra,” kata Binder Singh dalam channel Youtube pribadinya, Bola Bung Binder.

Ditambah kehadiran Andritany di kiper dan Marko Simic sebagai top skor Persija, membuat tim ibu kota ini sangatlah tangguh. Bisa dibayangkan dengan artileri tempur seperti itu dan chemistry masih sangat kuat, pantas rasanya Persija tetap jadi favorit di Piala Menpora.

Persib Bandung

Namun Persija tidak sendiri karena ada Persib Bandung yang juga masuk dalam kategori calon juara Piala Menpora. Alasannya, Persib masih dilatih pelatih bertangan dingin, Robert Rene Alberts dan pemain lamanya banyak yang bertahan.

“Ada 2 pemain yang baru di lini depan yaitu Ezra Walian dan Ferdinand Sinaga, ditambah juga dengan Wander Luiz. Jadi saya kira lini serang Persib akan menakutkan,” tambah Binder Singh.

Secara khusus, Binder Singh menyoroti pelatih Robert Rene Alberts yang dianggap merupakan pelatih yang sangat kaya taktik. Memang jika melihat rekam jejaknya, Robert Rene Alberts sudah pernah juara Liga Indonesia, pengalaman dan bukti betapa hebat pelatih asal Belanda itu.

Persebaya Surabaya

Selanjutnya, ada Persebaya Surabaya yang layak ditakuti oleh lawan-lawannya di Piala Menpora. Meski Persebaya tak akan diperkuat pemain asing, tapi berkah bagi mereka karena bakal tetap dihuni banyak pemain muda dari Timnas Indonesia U-23 dan U-19.

Dengan kata lain, pemain muda yang dimiliki Persebaya bukanlah anak kemarin sore. Soalnya, fakta kalau status mereka adalah penggawa Timnas Indonesia junior membuktikan kualitas Persebaya kali ini.

Tentu barisan anak muda itu bakal dipimpin oleh 2 pemain senior dalam diri Samsul Arif dan Rendi Irwan. Bonusnya, Persebaya dilatih oleh Aji Santoso yang sudah terbiasa mengorbitkan pemain muda seperti Saddil Ramdani contohnya.

Bhayangkara Solo FC

Last but not least adalah Bhayangkara Solo FC yang memang dihuni banyak pemain sarat pengalaman dan berlabel Timnas Indonesia. Semakin mengerikan karena Bhayangkara baru saja kedatangan 3 pemain bintang.

Yaitu Hansamu Yama, Evan Dimas dan Osas Saha. Perlu diingat juga kalau Bhayangkara FC ini sejatinya adalah Los Galacticos Liga 1 2020 jadi wajar kalau diunggulkan bisa menjadi juara Piala Menpora 2021.

Itulah 4 tim yang sekiranya menurut komentator kondang, Binder Singh bakal menjadi calon kuat juara Piala Menpora. Tentu tim-tim lain juga memiliki peluang mengingat turnamen pramusim seringkali menjadi saksi bagaimana cerita cinderella tercipta

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *