by

Klub Bola Liga Eropa Roma CF Rekrut Pesepak Bola Putri Indonesia

Indonesia kembali mencatat penghargaan usai nama seorang pesepak bola perempuan, Shalika Aurelia berhasil maju ke liga Eropa.

Dalam unggahan yang dibagikannya di media sosial pribadinya, perempuan kelahiran 2003 itu menyebutkan rasa bahagianya karena bisa memulai karier di Liga Italia Wanita.

“Langkah pertama di Eropa. Bangga untuk mulai bermain di klub ini di Serie B Italia,” tulis Shalika di Instagram.

Bek timnas perempuan Indonesia itu resmi menandatangani kontrak dengan klub Serie B Liga Italia Wanita, Roma Calcio Femminile (CF).

Hal ini sebagaimana yang diunggahnya saat Shalika menunjukkan klub yang akan dibelanya.

Jadi inspirasi generasi muda di Indonesia, berikut kami rangkumkan profil dan kesuksesan Shalika Aurelia, pesepak bola perempuan Indonesia pertama yang masuk Liga Eropa saat usianya masih sangat muda.

1. Profil Shalika Aurelia

Sebelum membahas lebih jauh seputar keberhasilan Shalika sebagai pesepak bola wanita pertama Indonesia yang tembus ke liga Eropa, berikut profil singkat dari Shakia Aurelia.

Pesepakbola bernama lengkap Shalika Aurelia Viandrisa ini merupakan perempuan kelahiran Jakarta, 1 Agustus 2003. Ia dikenal sebagai seorang pemain sepak bola yang berposisi sebagai bek tengah mau pun bek sayap.

Pemain bola yang usianya belum genap 20 tahun itu mengawali kariernya di dunia sepak bola usai mengikuti Coca Cola Cup dan Greenfields pada 2015. Setelah itu, ia kembali mengembangkan kemampuannya dengan menimba ilmu di SSB Astam pada 2017.

Melihat kemampuan Shalika yang begitu mumpuni membuatnya kemudian dipanggil Timnas Indonesia Putri U-16 pada 2017. Sampai dengan namanya berhasil menuju liga Eropa, Shalika pun masih menjadi langganan yang tak pernah absen saat Garuda Pertiwi bertanding.

2. Banyak berlalu lalang di akademik Eropa

Selain dikenal sebagai pemain profesional dengan kemampuan luar biasa, Shalika Aurelia di usia mudanya juga telah banyak menimba ilmu di luar neger, lho. Shalika diketahui sempat menempuh pendidi,an akademik di Eropa, jauh sebelum dirinya menandatangani kontrak untuk bergabung dengan klub Italia Roma CF.

Nggak hanya prestasinya di mancanegara, nama Shalika juga sempat dikenal usai dirinya menjadi kekuatan penting dalam Tim DKI Jakarta untuk PON XX Papua 2020 lalu. Prestasi yang banyak dicetaknya di usia muda rupanya sudah ia lakoni sejak masih duduk di bangku menengah pertama (SMP).

Memiliki kecintaan akan dunia sepak bola membuatnya terus berlatih dan mengembangkan kemampuan tersebut. Ia pernah mengungkapkan bahwa kemampuannya dalam sepak bola ini dimulainya dengan bertanding antar sekolah.

3. Profil Shalika Aurelia: Pendidikan dan perjalanan karier

Memulai karier di dunia sepak bola sejak usianya 12 tahun, berikut beberapa riwayat pendidikan dan karier yang sudah dicetak oleh Shalika Aurelia.
Pendidikan:

  • Montesori Aljabr (2006-2008)
  • TK Aljabr (2009-2010)
  • SD Aljabr (2010-2015)
  • SMA Aljabr (2015-2017)
  • SMA Binus (2018-2019)
  • Kings College(2019-2020)

Karier:

  • Coca Cola Cup and Greenfields (2015)
  • SSB Astam (2017)
  • Pro Direct Academy Indonesia (2017)
  • Timnas Indonesia Putri U-16 (2017-2019)
  • Trial West Ham United (2019)
  • Timnas Indonesia Putri (2017-sekarang)
  • Klub Serie B Liga Italia Wanita, Roma CF (2022-tba)

Itulah informasi terkait Shalika Aurelia, pesepak bola perempuan Indonesia pertama yang akan menempuh kariernya di Liga Eropa. Kini, Shalika tengah mempersiapkan dirinya untuk bergabung deng klub Italia perempuan, Roma Calcio Femminile (CF).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *