by

Jadwal, Hasil dan Siaran Langsung Final Piala AFF Leg 2 Thailand vs Indonesia 1 Jan 2022

Peluang juara Timnas Indonesia di pentas Piala AFF 2020 sangat kecil usai tim asuhan Shin Tae-yong dipermak Thailand empat gol tanpa balas dalam partai final leg pertama, Rabu (29/12/2021) malam WIB.

Dalam laga ini, Timnas Indonesia sudah harus tertinggal ketika laga baru berjalan dua menit akibat gol Chanatip Songkrasin. Di babak kedua, Songkrasin mencetak gol keduanya sebelum digenapi oleh Supachok Sarachat dan Bordin Phala.

Meski demikian, peluang juara masih ada. Apalagi jika Shin Tae-yong lebih berani dalam menurunkan formasi dan susunan pemain sejak awal laga.

Shin sendiri punya kebiasan menarik di Piala AFF 2020. Ia nyaris selalu menurunkan formasi dan pilihan pemain yang berbeda di setiap pertandingan yang dijalani Indonesia.

Tergantung tim mana yang dihadapi oleh Timnas Indonesia. Formasi 5-4-1, 4-3-3, 4-2-3-1, 4-1-4-1 dan 4-4-2, pernah digunakan oleh Shin Tae-yong pada Piala AFF 2020.

Pada laga final leg pertama lalu, Shin Tae-yong menggunakan formasi yang mengejutkan. Adalah formasi 4-2-3-1 yang digunakan eks pelatih asal Korea Selatan itu.

Ia memasang Dedik Setiawan di posisi penyerang tengah. Sementara dua pemain di sisi sayap diisi oleh WItan Sulaeman dan Irfan Jaya.

Namun, formasi itu tidak berjalan sesuai rencana. Indonesia tampak lemah di belakang dan tidak terlalu efektif di lini depan. Peluang yang bisa diciptakan pun terbilang minim.

Di leg kedua nanti, Timnas Indonesia kembali bisa mencoba formasi 4-4-2 seperti yang diterapkan saat melawan Malaysia. Saat itu posisi dua penyerang Indonesia diisi oleh Ezra Walian dan Witan Sulaeman.

Shin bisa mengandalkan Ezra lagi di leg kedua nanti. Untuk menemani Ezra, Shin mungkin bisa memilih Kushedya Hari Yudo. Keduanya punya karakter permainan yang berbeda yang bisa mengisi kekurangan satu sama lain.

Jadwal Leg II Thailand Vs Timnas Indonesia

Sabtu, 1 Januari 2022
National Stadium, Kallang
Kick-off: 19.30 WIB

Berikut Link Live Streaming Thailand vs Timnas Indonesia Leg Kedua Final Piala AFF 2020:

Thailand vs Timnas Indonesia Tonton di SINI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *