by

Fiorentina Memang Bukan Klub Besar, Tetapi Banyak Mengorbitkan Pemain Top

Fiorentina memang bukan klub besar, namun mereka kerap mengorbitkan pemain top yang kemudian dibeli klub lain dengan harga selangit.

Siapa yang tak kenal dengan nama Gabriel Batistuta? Ia adalah salah satu bomber terbaik di sepanjang sejarah pentas Serie A. Demikian juga dengan Rui Costa. Ia merupakan playmaker kelas wahid yang pernah menghiasi kompetisi negeri Spaghetti itu.

Kini, ada nama Dusan Vlahovic. Ia sepertinya akan menjadi pemain terbaru yang masuk dalam daftar 10 penjualan termahal Fiorentina.

Ia dikabarkan akan segera gabung dengan Juventus. Katanya, Bianconeri siap menebusnya dengan harga sekitar 75 juta euro. Jika penjualan ini jadi terlaksana, maka Vlahovic dipastikan akan jadi pemain termahal Fiorentina sepanjang masa.

Sebelum Vlahovic, siapa saja para pemain yang masuk daftar 10 penjualan termahal Fiorentina? Berdasarkan data dari Transfermarkt, simak informasinya di bawah ini

Marcos Alonso

Marcos Alonso merupakan pemain didikan akademi Real Madrid. Setelah gagal bersinar bersama El Real, ia pindah ke Bolton pada tahun 2010 sebelum akhirnya boyongan ke Italia untuk memperkuat Fiorentina pada tahun 2013.

Bersama La Viola, Alonso tampil ciamik. Ia sempat dipinjamkan ke Sunderland pada tahun 2014.

Penampilan apiknya kemudian menarik perhatian Chelsea. Pada tahun 2016 ia diangkut ke Stamford Bridge dengan harga 23 juta euro.

Matias Vecino

Matias Vecino berasal dari Uruguay. Setelah bermain tiga tahun di negaranya sendiri, ia meniti karier di Eropa dengan gabung Fiorentina pada tahun 2013.

Vecino sempat dua kali dipinjamkan oleh Fiorentina. Yang pertama ke Cagliari dan kemudian ke Empoli.

Pada tahun 2017, Fiorentina akhirnya melepasnya ke Inter Milan. Ia diangkut dengan bandrol 24 juta euro.

Felipe Melo

Felipe Melo merupakan pemain yang gemar berganti klub. Dari awal karirnya sampai saat ini, ia sudah membela 12 klub berbeda.

Salah satunya adalah Fiorentina. Ia gabung La Viola pada tahun 2008.

Pada tahun berikutnya ia langsung pindah ke Juventus. Saat itu ia diboyong dengan mahar mencapai 25 juta euro.

Stevan Jovetic

Pemain asal Montenegro ini gabung Fiorentina di awal karirnya. Setelah mengawali karier sepak bola

profesionalnya bersama Partizan Belgrade pada tahun 2006, Stevan Jovetic gabung Fiorentina pada tahun 2008.

Jovetic menjadi salah satu penyerang andalan Fiorentina kala itu. Terlebih ia merupakan pemain yang fleksibel, bisa bermain di sejumlah posisi di lini serang.

Sejumlah klub tertarik untuk merekrutnya. Pada akhirnya Manchester City berhasil memenangkan perburuannya pada musim panas 2013 dengan harga 26 juta euro.

Francesco Toldo

Salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki oleh Italia. Frencesco Toldo sebenarnya merupakan pemain didikan akademi AC Milan.

Ia dipromosikan ke tim utama Milan pada tahun 1990. Namun setelah gagal mendapat kesempatan bermain di San Siro, ia pun pindah ke Fiorentina pada tahun 1993.

Toldo lama bermain di Fiorentina. Sampai akhirnya pada tahun 2001, ia diboyong Inter Milan dengan mahar 26.5 juta euro.

Juan Cuadrado

Juan Cuadrado mengawali kariernya di Eropa bersama Udinese pada tahun 2009. Ia sempat dipinjamkan ke Lecce pada tahun 2011.

Pada tahun 2012, Fiorentina kesengsem dengan permainan pemain asal Kolombia ini. Cuadrado lantas menjadi salah satu pemain andalan La Viola di sayap kanan.

Ia kemudian dibeli Chelsea pada tahun 2015. Saat itu The Blues harus merogoh koceknya sebesar 31 juta euro.

Gabriel Batistuta

Salah satu bomber maut Serie A di era 90an dan di awal tahun 2000an. Gabriel Batistuta dikenal memiliki tendangan geledek.

Pria asal Argentina ini sempat membela Newell’s Old Boys, River Plate, dan Boca Juniors. Ia kemudian merapat ke Fiorentina pada tahun 1991.

Bersama La Viola inilah ia menjelma menjadi bomber kelas dunia. Pada tahun 2000, AS Roma merekrutnya dengan harga 36 juta euro.

 

Federico Bernardeschi

Federico Bernardeschi adalah pemain didikan akademi Fiorentina. Ia dipromosikan ke tim senior pada tahun 2013.

Berna sempat dipinjamkan ke Crotone pada tahun 2013-14. Setelah itu ia menjadi Salah satu penyerang andalan Fiorentina.

Pada tahun 2017, Juventus mencomotnya ke Turin. Saat itu ia diangkut dengan harga 40 juta euro.

Rui Costa

Selain Zinedine Zidane, ada playmaker lainnya yang memanjakan mata penikmat Serie A di era tahun 90an dan 2000an. Ia adalah Rui Costa.

Pria asal Portugal inin mengawali kariernya di Benfica. Ia kemudian pindah ke Fiorentina pada tahun 1994.

Pada tahun 2001, Rui Costa dipinang oleh AC Milan. Saat itu Rossoneri harus menebusnya dengan mahar 41 juta euro.

Federico Chiesa

Pekerja keras, penuh determinasi, dan gesit. Itulah yang terlihat dari permainan putra legenda sepak bola Italia, Enrico Chiesa ini.

Federico Chiesa besar dalam didikan akademi Fiorentina. Ia gabung tim utama La Viola pada tahun 2016.

Ia diburu banyak klub dan pada akhirnya Juventus lah yang memenangkan perburuan Chiesa. Ia diangkut dengan status pinjaman dengan kewajiban untuk membeli.

Jika ditotal, Juventus akan menghabiskan dana mencapai 60 juta euro untuk memboyongnya dari Fiorentina. Rinciannya, 10 juta untuk biaya peminjaman, 40 juta untuk mempermanenkan servisnya dan 10 juta lagi dalam bentuk add-ons.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *