by

Daftar Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah EURO

Piala Eropa atau Euro adalah ajang sepak bola paling bergengsi antarnegara di Eropa. Pertarungan bintang-bintang terbaik Benua Biru selalu tersaji di setiap edisinya. Piala Eropa 2020 harus ditunda akibat pandemi COVID-19 dan akan digelar pada Juni-Juli 2021 nanti. Bagi para pemain, ajang ini menjadi arena bagi mereka untuk memgharumkan negaranya.

Butuh konsistensi dalam kariernya agar selalu diandalkan negaranya, khususnya di ajang ini. Dalam sejarah Euro, ada beberapa pemain yang sukses mencatatkan penampilan cukup banyak. Berikut daftar pemain dengan penampilan terbanyak dalam sejarah Euro.

1. Cristiano Ronaldo – Portugal (21 Pertandingan)

Pemain dengan penampilan terbanyak dalam sejarah Euro adalah Cristiano Ronaldo. Dikenal sebagai pemain terbaik dunia, Ronaldo pun selalu menjadi andalan Timnas Portugal. Bahkan, di usianya yang kini menginjak 36 tahun, ia dipastikan akan tampil di Euro 2020 nanti.

CR7 sendiri sudah berhasil mengantarkan Timnas Portugal menjuarai Euro, tepatnya pada edisi tahun 2016 lalu. Sebelum digelarnya Euro 2020, Ronaldo telah mencatatkan 21 pertandingan selama bermain di Euro dan berhasil mencetak 9 gol.

2. Bastian Schweinsteiger – Jerman (18 Pertandingan)

Bastian Schweinsteiger merupakan pemain yang sempat berjaya saat berseragam Bayern Munchen hingga Manchester United. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini telah memutuskan gantung sepatu pada tahun 2019 lalu.

Meskipun telah mencatatkan banyak pertandingan di Euro, ia tak mampu membawa Timnas Jerman menjadi juara. Sepanjang kariernya, Schweinsteiger telah mencatatkan 18 pertandingan di Euro. Ia pun dipastikan tidak bisa menambah catatan itu karena sudah pensiun.

3. Gianluigi Buffon – Italia (17 Pertandingan) 

Berikutnya ada nama pemain veteran Italia, Gianluigi Buffon. Meskipun sudah berusia 43 tahun, pemain yang berposisi sebagai kiper ini belum memutuskan gantung sepatu. Menjadi andalan Gli Azzurri pada edisi-edisi sebelumnya, ia dipastikan tidak akan memperkuat Timnas Italia di Euro 2020 nanti.

Sayangnya, Buffon belum pernah mengantarkan Timnas Italia menjadi juara. Prestasi terbaiknya di ajang ini kala membawa Gli Azzurri mencapai final pada edisi tahun 2012. Selama bermain di Euro, Buffon telah mencatatkan 17 pertandingan.

4. Cesc Fabregas – Spanyol (16 Pertandingan)

Cesc Fabregas adalah salah satu pemain yang disebut-sebut sebagai generasi emas Spanyol. Meskipun performanya saat ini sudah menurun, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini pernah menjadi andalan di lini tengah Timnas Spanyol.

Bahkan, ia berhasil mengantarkan La Furia Roja menjuarai ajang Euro dalam dua edisi beruntun, yakni pada tahun 2008 dan 2012. Fabregas sendiri sudah mencatatkan 16 pertandingan dalam sejarah Euro. Namun, pada edisi Euro 2020 nanti, ia dipastikan tak akan memperkuat Timnas Spanyol.

5. Andres Iniesta – Spanyol (16 Pertandingan)

Rekan Cesc Fabregas di Timnas Spanyol, Andres Iniesta, juga mencatatkan pertandingan yang cukup banyak di ajang Euro. Iniesta juga menjadi tumpuan utama saat La Furia Roja menjuarai Euro 2008 dan 2012.

Pemain yang juga berposisi sebagai gelandang ini meraih puncak kariernya saat berseragam Barcelona. Meskipun sudah tak muda lagi, ia masih aktif dengan bermain di Liga Jepang bersama Vissel Kobe. Sepanjang kariernya, Iniesta membela Timnas Spanyol di ajang Euro dalam 16 pertandingan.

6. Lilian Thuram – Prancis (16 Pertandingan)

Berikutnya ada salah satu legenda Prancis, Lilian Thuram. Pemain berposisi bek tengah ini menjalani karier pada masa ’90-an hingga awal 2000-an. Di masa jayanya, Thuram pernah membela Juventus hingga gantung sepatu di Barcelona.

Thuram sendiri kerap di plot sebagai kapten tim. Ia berhasil mengantarkan Timnas Prancis menjuarai Euro pada edisi tahun 2000. Sebelum memutuskan gantung sepatu pada tahun 2008, ia telah mencatatkan 16 pertandingan di ajang Euro bersama Timnas Prancis.

7. Edwin van der Sar – Belanda (16 Pertandingan)

Selain Gianluigi Buffon, kiper lainnya yang mencatatkan cukup banyak pertandingan di ajang Euro ada Edwin van der Sar. Nama yang satu ini tentu saja sudah tidak asing karena pernah berjaya saat berseragam Manchester United.

Meraih banyak trofi di level klub, van der Sar tak mampu membawa Timnas Belanda meraih trofi, khususnya di ajang Euro. Ia pernah bermain di empat edisi Euro dan mencatatkan 16 pertandingan.

Tak mudah bagi pemain mana pun untuk bisa menjadi andalan timnas negaranya, khususnya di ajang empat tahunan seperti Euro. Pemain-pemain tersebut telah membuktikan konsistensi mereka hingga mencatatkan banyak penampilan di Euro.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *