by

Bali Utd, Persib, Arema, Bhayangkara dan Persebaya Berebut Juara Liga 1 Indonesia

BRI Liga 1 2021-2022 hanya menyisakan beberapa laga tersisa saja. Sebanyak lima tim masih berpeluang merebut gelar juara kasta tertinggi sepak bola Indonesia tersebut.

Hingga artikel ini dimuat, gelaran Liga 1 musim ini telah memainkan 28 laga. Jika dihitung, hanya ada enam laga tersisa yang akan dijalani.

Saat ini, persaingan menuju tangga juara pun masih terbuka lebar, mengingat masih ada lima tim yang berpeluang besar menjadi kampiun.

Kelima tim itu berurutan duduk di lima posisi teratas klasemen, yakni Bali United, Persib Bandung, Arema FC, Bhayangkara FC, dan Persebaya Surabaya.

Perbedaan poin antara kelima tim ini pun terbilang ketat, di mana Bali United yang berstatus pemuncak klasemen dengan 60 poin, hanya terpaut enam poin saja dari Persebaya di tempat kelima.

Dengan enam laga tersisa hingga pekan terakhir atau pekan ke-34, peluang kelima tim ini untuk saling menyalip rival-rivalnya menuju tangga juara pun terbuka lebar.

Persoalan yang dihadapi lima tim teratas di sisa musim ini hanyalah masalah konsistensi dan keberuntungan yang akan didapatkan di laga-laga selanjutnya.

Untuk itu, mari membedah satu per satu peluang kelima tim tersebut. Siapakah yang pantas meraih titel juara Liga 1 musim 2021-2022 ini?

1. Bali United (60 Poin)

Bali United bisa dikatakan menjadi tim yang paling diuntungkan di sisa laga Liga 1 musim ini. Sebab, seluruh pertandingan tersisa akan dimainkan di Bali.

Meski punya keuntungan bermain di tanahnya sendiri, Bali United tak bisa jemawa begitu saja. Apalagi jika melihat lima hingga enam partai tersisa yang akan dijalaninya.

Jika dilihat dari jadwal yang ada, Bali United selanjutnya akan menghadapi lima tim, di mana tiga di antaranya merupakan tim dengan label bintang, yakni Arema FC, Persija Jakarta dan Madura United.

Berkaca dari performanya, Bali United memang diunggulkan. Namun Laskar Serdadu Tridatu punya catatan buruk melawan tiga tim itu sebelumnya.

Bali United hanya mampu bermain imbang dengan Arema FC di pertemuan pertama, kalah dari Madura United, dan hanya menang tipis atas Persija.

2. Persib Bandung (57 Poin)

Persib muncul sebagai kandidat juara setelah mengalahkan rival abadinya, Persija di pekan ke-28. Kemenangan ini membuat Maung Bandung hanya terpaut tiga poin saja dari Bali United di puncak.

Dengan motivasi yang tengah membumbung tinggi, Persib pun bersiap menghadapi lima laga lanjutan demi menggusur Bali United di puncak klasemen.

Hanya saja, nasib Persib hampir sama dengan Bali United, di mana di lima laga selanjutnya akan menghadapi tiga partai Big Match.

Tiga partai itu yakni melawan Arema FC, Madura United, dan Persebaya Surabaya. Ketiga tim ini punya catatan apik atas Persib di pertemuan pertama.

Arema FC berhasil menang di pertemuan pertama dengan skor 1-0, disusul oleh Persebaya dengan skor 3-0 dan Persib bisa mengalahkan Madura United hanya dengan skor 1-0 saja.

3. Arema FC (55 Poin)

Arema FC sebelumnya menjadi kandidat juara terkuat usai menguasai puncak klasemen dalam beberapa pekan terakhir di Liga 1 musim ini.

Hanya saja, dua kekalahan yang diterima di partai terakhirnya serta kemenangan yang diraih rival-rivalnya membuat Singo Edan melorot ke posisi tiga.

Dengan kondisi mental yang tengah menurun, Arema FC dihadapkan pada lima laga lanjutan yang terbilang berat. Salah satunya adalah bertemu dengan pesaingnya dalam perebutan juara.

Di lima laga lanjutan, Arema FC akan berhadapan dengan dua tim papan bawah yakni Barito Putera dan Tira Persikabo, satu tim papan tengah yakni Borneo FC dan dua tim papan atas, yakni Bali United dan Persib Bandung.

Apesnya, lawan-lawannya itu punya tengah dalam motivasi berlebih. Barito Putera dan Tira Persikabo tengah berjuang keluar dari zona bawah, sedangkan Bali United dan Persib tengah moncer serta tak terkalahkan di lima laga terakhirnya.

4. Bhayangkara FC (55 Poin)

Mengekor Arema FC di peringkat ketiga, ada nama Bhayangkara FC yang duduk di posisi keempat dengan torehan poin yang sama yakni 55 poin.

Bhayangkara FC menjadi kuda hitam dalam perebutan gelar juara Liga 1 musim ini. Klub berjuluk The Guardian itu diam-diam bisa menusuk rival-rival di atasnya dan keluar sebagai juara.

Kondisi ini pun dibarengi dengan fakta bahwa di lima laga selanjutnya, di mana Bhayangkara FC akan menghadapi lawan-lawan yang terbilang mudah.

Lima calon lawan Bhayangkara FC selanjutnya adalah PSS Sleman, PSIS Semarang, Persipura Jayapura, Persela Lamongan dan Persija.

Jika dilihat dari lawan-lawannya, Bhayangkara FC punya peluang untuk menyapu bersih dan mengumpulkan poin untuk masuk dalam bursa juara Liga 1 musim ini.

5. Persebaya Surabaya (54 Poin)

Terakhir ada nama Persebaya Surabaya yang juga diam-diam bisa menyodok papan atas dan bahkan menjadi juara Liga 1 musim ini.

Persebaya yang banyak bermaterikan pemain muda, dicap sebagai salah satu tim Liga 1 yang punya permainan menyerang nan menawan.

Hanya saja, Persebaya punya masalah besar dalam hal konsistensi dan buruknya pertahanan yang kerap kebobolan dari lawan-lawannya.

Di lima laga selanjutnya, Persebaya tak boleh berleha-leha dan harus segera memperbaiki kelemahan ini untuk terus memberikan tekanan hingga minimal dua partai terakhir Liga 1.

Adapun calon lawan Persebaya di lima laga selanjutnya adalah Persita Tangerang, Persik Kediri, Barito Putera, Persib Bandung dan Bali United.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *