by

Arsenal vs Liverpool Semifinal Leg 1 Carabao Cup Ditunda Jadi Tanggal 14 Januari

Penyebaran virus corona di antara banyak pemain memaksa penundaan Arsenal vs Liverpool.

Wabah virus corona Liverpool telah menyebabkan penundaan leg pertama semifinal Piala Carabao yang rencananya akan digelar di kandang Arsenal, Jumat (7/1/2021) .

Pertandingan itu kini telah resmi ditunda.

Pertandingan leg kedua yang semula pada 14 Januari sekarang dijadwalkan sebagai leg pertama. Sedangkan leg kedua akan digelar pada Kamis, 21 Januari 2021.

Baik pelatih The Reds Jurgen Klopp dan asisten manajer Pepijn Lijnders diisolasi, dengan sejumlah pemain kunci tim utama juga tidak tersedia karena tes positif Covid-19.

Klub Anfield menutup fasilitas pelatihan tim utama mereka pada Rabu pagi dan membatalkan konferensi pers pra-pertandingan yang dijadwalkan.

Sebuah pernyataan EFL berbunyi: “EFL telah melakukan dialog reguler dengan klub [Liverpool] selama 48 jam terakhir dalam upaya untuk memahami apakah pertandingan dapat dilanjutkan.

“Tetapi perkembangan signifikan selama periode ini telah mengakibatkan klub melaporkan jumlah kasus Covid-19 yang terus meningkat.

“Setelah sepenuhnya meninjau keadaan yang terlibat, liga telah menerima permintaan Liverpool setelah menentukan, meskipun dengan enggan, bahwa penundaan adalah satu-satunya pilihan karena klub berupaya mengurangi risiko infeksi lebih lanjut di antara skuad dan stafnya.”

Sebelumnya, dilaporkan semua kiper Liverpool positif Covid-19.

Wabah Covid-19 makin menggila di Liverpool.

Karena itulah, The Reds mengajukan permintaan resmi kepada Liga Sepak Bola Inggris (EFL) untuk menunda partai semifinal leg pertama Carabao Cup 2021/22 melawan Arsenal yang sedianya digelar Jumat (7/1) dini hari nanti.

The Reds telah membatalkan latihan kemarin gara-gara semakin banyaknya pemain, dan staf yang positif. Pelatih Juergen Klopp, yang dites positif pada akhir pekan, diisolasi, bersama dengan tiga anggota staf lainnya ditambah pemain kunci, Joel Matip, Roberto Firmino dan kiper Alisson.

Mereka semua melewatkan hasil imbang 2-2 di Chelsea pada hari Minggu dan tidak akan fit untuk menghadapi Arsenal.

The Reds semakin terpukul lantaran mereka juga tanpa Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Naby Keita yang pulang ke negaranya untuk ikut Piala Afrika.

Sementara Thiago Alcantara, Takumi Minamino, Harvey Elliott, dan Divock Origi tak bisa main karena cedera.

Dikutip dari Daily Mail, ada spekulasi juga kemarin bahwa wabah pandemi menginfeksi juga semua kiper Liverpool. Mulai dari Caoimhin Kelleher, Adrian, Vitezslav Jaros, Marcelo Pitaluga, dan kiper yang terlupakan, Loris Karius.

Sejauh ini, pihak klub belum mengomentari spekulasi semua kiper mereka positif Covid-19. Namun, jika mereka dibiarkan tanpa keberadaan kiper, maka mustahil laga dapat digelar dalam 24 jam ke depan.

Hal itu juga akan menimbulkan keraguan untuk kelanjutan pertandingan putaran ketiga Piala FA melawan Shrewsbury pada khir pekan nanti.

Situasi yang sulit diprediksi ini membuat Klopp merasa seperti sedang main lotere. Setiap hari, silih berganti pemain dinyatakan positif. Kondisi ini mungkin akan memaksa EFL untuk menunda pertandingan.

“Kami menerima permohonan dari Liverpool untuk menunda leg pertama semifinal Piala Liga melawan Arsenal. Kami sedang mempertimbangkan permohonan itu sesuai aturan kompetisi. Kemudian akan mengkonfirmasi status pertandingan sesegera mungkin setelah melihat dari berbagai sudut,” kata juru bicara EFL.

Dalam aturannya, disebutkan bahwa jika klub memiliki 14 pemain yang tersedia, termasuk penjaga gawang, pertandingan harus dilanjutkan.

Ini kali pertama The Reds meminta laga ditunda. Sebelumnya, saat Boxing Day, duel Liverpool kontra Leeds ditunda karena kubu Leeds tiarap setelah banyaknya pemain yang positif Covid-19, dan cedera.

Di Serie A Italia, situasi sama kacau balaunya. Menurut laporan Associated Press, 10 persen atau 60 pemain Serie A positif Covid-19 usai jeda musim dingin.

Klub papan atas Serie A, Inter Milan dan Napoli, kehilangan pemain kunci akibat virus. Edin Dzeko dan Victor Osimhen positif dan tidak akan bermain dalam waktu dekat.

Sementara itu, kapten Juventus Giorgio Chiellini juga dilaporkan terjangkit Covid-19. Sebelumnya, Carlo Pinsoglio dan Arthur Melo pun positif.

Sejumlah media di Italia menyebut duel Juve kontra Napoli yang sedianya digelar Jumat (7/1) dini hari, akan dibatalkan. Demikian juga duel Piala Super Italia antara Inter, dan Juventus.

Namun, sejauh ini, otoritas liga memutuskan laga tetap bisa berlangsung.

Pemerintah Italia hanya mengurangi kapasitas maksimal stadion dari 75 persen menjadi 50 persen. Penonton juga wajib memakai masker FFP2.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *