by

Air Mata Lionel Messi Bercucuran di Konferensi Pers Perpisahan Barcelona

Pada Minggu (8/8/2021), pemain sepak bola dunia Lionel Messi menangis sedih saat ia mengucapkan selamat tinggal kepada tim masa kecilnya FC Barcelona. Messi juga mengonfirmasi bahwa dirinya sedang berbicara serius dengan klub Prancis Paris St Germain mengenai kemungkinan pindah.

Melansir Reuters, konferensi pers emosional pemain Argentina berusia 34 tahun itu menyusul pengumuman Barca pekan lalu bahwa Barca tidak mampu lagi membelinya setelah dua dekade yang gemilang.

Surat kabar Prancis L’Equipe melaporkan pada hari Minggu bahwa ia akan melakukan perjalanan ke Paris pada hari Minggu atau Senin untuk melakukan tes medis dan menyelesaikan kesepakatan dengan klub milik Qatar Sports Investment.

Surat kabar Spanyol Marca melaporkan PSG secara resmi mengirimkan tawaran mereka kepada Messi pada Minggu pagi, tepat ketika pemain Argentina itu mengadakan konferensi pers.

Messi tidak mengonfirmasi apakah dia akan bergabung dengan Parisians. Namun dia mengatakan rencananya adalah untuk terus bermain selama mungkin, seraya menambahkan bahwa dia masih memiliki ambisi untuk memenangkan trofi Liga Champions lainnya.

“Selama saya terus kompetitif dan selama tubuh saya merespons (saya akan terus bermain),” katanya dalam konferensi pers.

“Selama saya bisa, saya akan terus bermain,” tambahnya.

PSG menolak mengomentari laporan bahwa Messi akan tiba di Paris pada Minggu malam. “Kami tidak dalam posisi untuk mengkonfirmasi apa pun,” kata juru bicara klub seperti yang dikutip Reuters.

“Saya mencoba untuk berperilaku dengan kerendahan hati dan rasa hormat dan saya berharap itulah yang tersisa dari saya ketika saya meninggalkan klub,” kata Messi yang emosional ketika ratusan penggemar, banyak yang mengenakan jersey No. 10, berkumpul di luar stadion Camp Nou Barca untuk mengucapkan salam  perpisahan dengan pemain yang mereka sebut Mesias.

Messi menangis saat dia berjalan ke atas panggung sebelum melakukan konferensi pers dan diberikan tisu oleh istrinya Antonella Roccuzzo saat dia menahan air mata.

“Ini adalah momen terberat dalam karir saya. Ketika klub memberi tahu saya, saya hanya diam membeku. Ini semua seperti seember air dingin telah dituangkan ke atas saya dan kami masih berdamai dengannya,” isaknya.

“Ketika saya pulang, saya yakin itu akan lebih buruk. Tapi saya akan dikelilingi oleh orang yang saya cintai dan saya akan terus bermain sepak bola, dan ketika saya melakukannya, saya yakin itu akan menjadi sedikit lebih mudah.”

Masalah keuangan

Dilaporkan secara luas oleh media lokal bahwa Messi akan bertahan di Camp Nou, dengan pemain tersebut mengakui bahwa dia telah menyetujui kontrak lima tahun yang melibatkan pemotongan gaji 50%.

Sayangnya, Barca yang kini memiliki total utang lebih dari 1 miliar euro (US$ 1,18 miliar), tidak dapat membuat kesepakatan itu berhasil dalam kerangka peraturan permainan keuangan yang adil La Liga. Hal itu mendorong pengumuman kejutan mereka pada Kamis lalu.

“Sejujurnya, ketika pemilihan terjadi (pada Maret), saya berbicara dengan (presiden Barca Joan) Laporta, kami makan malam dan setelah itu saya yakin saya akan bertahan,” kata Messi.

“Kontrak saya tidak pernah menjadi masalah … Yang saya tahu adalah bahwa saya melakukan semua yang saya bisa. Klub mengatakan itu tidak bisa terjadi karena La Liga. Saya dapat menjamin Anda bahwa saya melakukan semua yang saya bisa untuk bertahan. Tahun lalu saya tidak melakukannya. ‘tidak mau’ dan saya mengatakan itu, tetapi tahun ini berbeda,” jelas Messi.

La Liga mengumumkan Rabu lalu bahwa mereka telah mendapatkan suntikan ekuitas swasta sebesar 2,7 miliar euro dari perusahaan CVC, dengan dana yang akan dibagikan di antara klub-klub dengan imbalan 10% dari pendapatan liga.

Diyakini ini akan memungkinkan Barcelona untuk mendapatkan kesepakatan Messi. Namun setelah Real Madrid menolak proposal tersebut dan mengatakan mereka akan mengambil tindakan hukum terhadap La Liga, Barca juga menentangnya.

Laporta mengatakan pada konferensi pers pada hari Jumat bahwa keuangan Barca berada dalam kondisi yang lebih buruk daripada yang dia pikirkan setelah melakukan audit.

Dia menambahkan liga memberi tahu dia bahwa menerima suntikan ini adalah satu-satunya cara mereka akan menyetujui kontrak baru untuk Messi, tetapi menolak bahwa dia harus menempatkan kepentingan jangka panjang klub di atas pemain mana pun.

Marca juga melaporkan pada hari Minggu bahwa penggemar Barca telah menyewa seorang pengacara Prancis, yang telah mengajukan kasus ke Pengadilan Banding Paris untuk mencoba dan memblokir kepindahan Messi ke PSG.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *