oleh

Profil, Pemain, Formasi & Prediksi Timnas Swiss di Piala Eropa 2024

Swiss berharap bisa meraih gelar internasional pertama mereka di Euro 2024 musim panas ini.

Tim ini sudah berpartisipasi dalam lima Kejuaraan Eropa sebelumnya, dengan mencapai perempat final sebagai pencapaian tertinggi.

Dengan Murat Yakin sebagai pelatih, Swiss berambisi untuk mencapai tahap lebih lanjut di turnamen kali ini.
 

Prediksi Swiss untuk memenangkan Euro 2024

Betting Market Odds Probability
Swiss akan memenangkan Euro 2024 80/1 1.2%
Swiss akan mencapai semifinal Euro 2024 12/1 7.7%
Swiss untuk memenangkan Grup A 7/1 12.5%
Zeki Amdouni untuk memenangkan Sepatu Emas 150/1 0.7

Swiss lolos ke final Euro 2024 di Berlin

Perlengkapan penyisihan grup

  • Hongaria (15 Juni 2024, 14.00, RheinEnergieStadion)
  • Skotlandia (19 Juni 2024, 20.00, RheinEnergieStadion)
  • Jerman (23 Juni 2024, 20.00, Waldstadion)

Swiss calon lawan babak sistem gugur

Jika Swiss berhasil menjadi juara Grup A, mereka akan berhadapan dengan runner-up Grup C yang kemungkinan besar adalah Denmark. Jika berhasil lolos ke babak 16 besar, lawan mereka di perempat final adalah juara Grup B, yang diprediksi banyak orang adalah Spanyol. Mereka mungkin menghadapi pertandingan semifinal melawan Portugal, Belanda, atau Slovakia jika mereka melaju lebih jauh. Terakhir, mereka bisa menghadapi Prancis atau Inggris jika berhasil mencapai final.

Pemain kunci Swiss untuk Kejuaraan Eropa tahun ini

Pesaing Sepatu Emas Euro teratas Swiss: Zeki Amdouni

  • Statistik utama: Zeki Amdouni memimpin semua pemain Burnley untuk total tembakan (40), tembakan tepat sasaran (21) dan keseluruhan gol yang diharapkan (4,33) musim ini

Selama kampanye kualifikasi mereka, penyerang Burnley Zeki Amdouni menjadi pencetak gol terbanyak Swiss dengan enam gol. Striker berusia 23 tahun itu bergabung dengan tim Vincent Kompany musim panas lalu dari FC Basel, di mana ia mencetak 22 gol dalam 52 pertandingan. Sejauh ini di musim perdananya di Premier League, penembak jitu kelahiran Jenewa ini tampil cukup baik, mengingat betapa beratnya perjuangan The Clarets. Amdouni telah tampil dalam 27 dari 29 pertandingan pembukaan Burnley, mencetak empat gol dan menjadi pencetak gol terbanyak bersama klub.

Sejak melakukan debut sebagai cameo selama 11 menit melawan Republik Ceko, dia menunggu waktunya sebelum tampil reguler bersama tim internasional Swiss. Selama ini, dia dimanfaatkan di lini depan mereka.

Playmaker utama Swiss: Xherdan Shaqiri

  • Statistik kunci: Xherdan Shaqiri adalah satu dari tiga pemain yang mencetak gol di tiga turnamen Piala Dunia terakhir – yang lainnya adalah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Di antara nama-nama paling berpengalaman di tim Swiss saat ini adalah Xherdan Shaqiri, yang kini bermain dengan Chicago Fire di seberang kolam. Setelah melakukan debut pada tahun 2020, penyerang berusia 32 tahun ini akan tampil untuk ketiga kalinya di Kejuaraan Eropa. Shaqiri tetap menjadi kekuatan kreatif meski memasuki masa senja karirnya. Dia menjadi pencipta gol terbanyak bagi negaranya (tiga gol) dan saat ini mencatatkan empat assist di Major League Soccer. Selain 30 gol internasionalnya, Shaqiri juga mencatatkan 34 assist, dua di antaranya sebelumnya terjadi di pentas Euro.

Magnet kartu Swiss & tekel terbaik: Remo Freuler

  • Statistik kunci: Kartu merah yang diterima Remo Freuler (setelah 16 menit 57 detik) untuk Atalanta v Real Madrid pada tahun 2021 adalah yang tercepat yang didapat tim Italia dalam sejarah Liga Champions.

Granit Xhaka dan Manuel Akanji menjadi pelanggar terbesar selama program kualifikasi Swiss, masing-masing menerima tiga kartu kuning. Namun keduanya tenang dibandingkan Remo Freuler yang telah meraih delapan gol di level klub pada musim 2023/24. Saat dipinjamkan ke Bologna, gelandang Nottingham Forest saat ini telah melakukan 35 pelanggaran, meski lebih sedikit dari rekan senegaranya Kevin Mbabu (36) dan Vincent Sierro (43). Freuler bergabung dengan timnas Swiss pada tahun 2017 dan telah mencatatkan lebih dari 60 penampilan. Dia kemudian mencetak delapan gol sambil menerima lima kartu kuning dan dikeluarkan dari lapangan satu kali.

Bintang yang sedang naik daun di Swiss: Noah Okafor

Setelah lulus dari tim muda FC Basel, Noah Okafor mencetak tujuh gol dalam 54 pertandingan untuk tim senior sebelum pindah ke Red Bull Salzburg, di mana perkembangannya mengalami overdrive. Menarik banyak minat dari klub-klub besar Eropa, dalam waktu singkat karena 34 gol dan 23 assistnya dalam 110 pertandingan, Milan memenangkan tanda tangan Okafor. Namun, Okafor cukup banyak menjadi pemain skuad di tim Stefano Pioli, dengan dia hanya menjadi starter dalam lima pertandingan Serie A. Meski begitu, pemain asli Binningen telah kembali dengan lima gol dari 21 penampilan liga, dan bersama Swiss, dia hanya mencetak dua gol, keduanya tercipta dalam pertandingan kompetitif.

Spesialis set-piece Swiss

  • Penalti: Xherdan Shaqiri
  • Tendangan bebas: Xherdan Shaqiri
  • Tendangan Sudut: Xherdan Shaqiri

Analisis dan formasi taktis Swiss

Statistik tim Swiss dari kualifikasi (rata-rata per pertandingan):

  • Tendangan penjuru di kualifikasi: 2.6
  • Kebobolan tendangan sudut: 2.4
  • Tembakan tepat sasaran: 5.9
  • Tendangan tepat sasaran kebobolan: 2.5
  • Offside: 2.6

Sejak mengambil alih tim nasional Swiss pada September 2021, mantan pemain internasional Murat Yakin telah memimpin 32 pertandingan dengan rekor kemenangan 43,75%. Saat menurunkan timnya, Yakin menggunakan tujuh formasi berbeda, bergantian antara empat formasi bertahan dan tiga bek. Susunan pemainnya yang paling umum adalah 4-2-3-1, dan ekspektasinya adalah Swiss akan membentuk seperti itu di Jerman, meskipun Yakin telah bereksperimen dengan 3-4-2-1, 3-5-2, dan 3-4- 3. Personelnya akan tetap sama apa pun formasinya, dengan Yann Sommer menjaga gawang dan pendukung Liga Premier Fabian Schär dan Manuel Akanji di pertahanan. Pada saat yang sama, pemain veteran Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri akan bermain lebih jauh di lini depan.

Skuad terbaru Swiss

PLAYER NAME POSITION AGE CLUB
Yann Sommer Goalkeeper 35 Internazionale
Yvon Mvogo Goalkeeper 29 Lorient
David von Ballmoos Goalkeeper 29 Young Boys
Kevin Mbabu Defender 28 FC Augsburg
Silvan Widmer Defender 31 Mainz 05
Nico Elvedi Defender 27 Borussia Mönchengladbach
Manuel Akanji Defender 28 Manchester City
Ricardo Rodriguez Defender 31 Torino
Ulisses Garcia Defender 28 Marseille
Cédric Zesiger Defender 25 VfL Wolfsburg
Eray Cömert Defender 26 Nantes
Fabian Schär Defender 32 Newcastle United
Bećir Omeragić Defender 22 Montpellier
Denis Zakaria Midfielder 27 Monaco
Remo Freuler Midfielder 31 Bologna
Granit Xhaka Midfielder 31 Bayer Leverkusen
Uran Bislimi Midfielder 24 Lugano
Michel Aebischer Midfielder 27 Bologna
Xherdan Shaqiri Midfielder 32 Chicago Fire
Vincent Sierro Midfielder 28 Toulouse
Dereck Kutesa Midfielder 26 Servette
Zeki Amdouni Forward 23 Burnley
Noah Okafor Forward 23 Milan
Renato Steffen Forward 32 Lugano
Ruben Vargas Forward 25 FC Augsburg
Dan Ndoye Forward 23 Bologna

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *